Wed, 01 Feb 2023

Tumbangkan Lawan, Ditlantas Sabet Piala dan Gelar Juara Trofeo

0

Ditlantas Polda Kalteng berhasil meraih juara I dalam laga Trofeo Sepak Bola yang digelar dalam rangka persahabatan antar Satuan Kerja di Polda Kalteng.

Laga sepak bola yang mempertemukan tiga tim ini diselenggarakan di Lapangan Miniso R88 , Palangka Raya , Selasa (29/11/2022) Malam. Adapun tiga klub peserta yakni Direktorat Lalu Lintas, Direktorat Reskrim Khusus dan Biro SDM Polda Kalteng .

Ditlantas Polda Kalteng di bawah asuhan Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K. keluar sebagai juara 1 setelah berhasil mengalahkan tim dua Tim lainnya.

Dalam laga ini, Kabagbinopsnal Ditlantas Polda Kalteng Kompol Renaldi Oktavian, S.I.K. selaku Kapten Tim berhasil membawa Tim Zebra Keluar Sebagai pemenang.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K. mengapresiasi kegiatan ini sepak bola ini.
“Alhamdulillah berjalan aman dan lancar. Kami berharap dengan aktivitas seperti ini kita pertahankan, dan syukur-syukur Trofeo berikutnya kita Bisa mempertahankn gelar ini,” kata Heru.

Kegiatan ini pun menjadi ajang penting bagi Ditlantas dalam rangka mempererat tali silaturahmi dengan antar satuan Kerja di Polda Kalteng.
“Alhamdulillah hari ini kita sudah menyelesaikan pertandingan ini dengan baik dan yang terpenting kita bisa mengambil hikmah kesehatan, keceriaan dan mempererat tali silaturahmi dalam ajang olahraga bersama ini,” ucap Heru.

Berkenaan dengan pertandingan sepakbola Trofeo yang dilaksanakan, Dirlantas juga memberikan pesan penting kepada Tim nya.

“Karena warisan terbesar dalam sebuah olahraga adalah persaudaraan yang terpelihara di antara kita selamanya,” pungkasnya.

Dirlantas Apresiasi Kinerja Personelnya Pada BKO KTT G20 Di Bali

0

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K mengapresiasi penuh kerja keras personel Ditlantas dalam mengamankan KTT G20 di Bali 15-16 Nvember 2022 lalu. Hal tersebut di sampaikan pada saat pelaksaan Apel Pagi di Halaman Ditlantas Polda Kalteng. Senin (28/11/2022) pagi.

“Saya ucapkan selamat kepada personel yang telah sukses menjaga pengamanan peyelenggaraan KTT G20 tanpa ada pelanggaran baik dari awal pelaksanaan hingga ditutup Bapak Presiden Republik Indonesia” ucap Heru

Selama disana, semua berjalan lancar dan kelihatannya tidak ada kendala, semua dapat ditangani dengan baik termasuk kemacetan yang biasanya terjadi bisa ditangani cepat dengan sigapnya personel lalu lintas yang bertugas.

Lebih lanjut, Dirlantas menerangkan dengan system keamanan menggunakan fasilitas komunikasi yang canggih sehingga personel dapat lebih cepat mengambil langkah pencegahan. Demikian keberhasilan tersebut didukung juga dengan metode komunikasi yang diambil langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

“Maka pekerjaan itu jika kita menggunakan fasilitas dan teknologi dengan tepat kita bisa melakukan pencegahan dengan segera mengambil langkah antisifatif terhadap kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi” pungkasnya.

Dirlantas juga menyampaikan proses pengamanan peserta KTT juga sangat teorganisir dengan baik termasuk pada saat para pimpinan Negara G20 berada dititik rawan di Bali seperti di Bandara dan menuju tempat kegiatan.

“Pengamanan G20 tidak hanya pelajaran berharga bagi anggota yg bertugas namun juga menjadi kenangan manis yang terukir didalam catatan pengabdian yang mereka miliki mengingat event ini tidak diselenggarakan lagi di Indonesia sampai beberapa belas tahun kedepan. Saya ucapkan selamat sekali lagi dan terus pertahankan profesionalitas dan integritas dalam pekerjaan melayani masyarakat”.Tutupnya (lrz)

Ditlantas Polda Kalteng Berikan Penilaian Lomba Melukis Konvensional dan Digital Art

0

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng lakukan penilaian lomba melukis Kovensional dan Digital ART yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Jajaran Polda Kateng. Rabu (23/11/2022) pagi.

Adapun Penilaian lomba melukis dilaksanakan di Ruang RTMC Ditlantas Polda Kateng yang hadiri oleh Wadirlantas Polda Kalteng AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana, S.I.K,.M.T dan PJU Ditlantas.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Wadirlantas Polda Kalteng AKBP I Gede Putu Dedy Ujiana, S.I.K,.M.T mengatakan, kegiatan ini dilaksakan dalam rangka memperingati hari pahlawan.

“Hari ini kami berikan penilaian kepada peserta lomba melukis Kategori konvensional dengan kelompok umur dibawah 17th dan di atas 18th dan Digital art kelompok umur dibawah 17th dan di atas 18th sudah berlaga dibeberapa waktu lalu diselenggarakan yang di tingkat Polres” ucap Dedy

Selain itu karya dari perserta lomba melukis ini nantinya akan kami teruskan ke Korlantas Polri sebagai bentuk dukungan atau kampanye tertib berlalu lintas daripada generasi muda kreatif ini dan dituangkan melalui mahakarya lukisan yang mereka buat.

Kegiatan ini dilaksanakan selain untuk memperingati Hari Pahlwan, juga untuk menumbuhkan jiwa kepahlawanan kepada generasi penerus bangsa dalam menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dengan harapan dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Kami harap dengan adanya lomba ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme serta peran kepolisian di bidang lalu lintas, dan generasi penerus bangsa dalam membangun semangat serta tanggung jawab, sinergitas yang baik untuk membangun generasi yang unggul dan patuh terhadap peraturan berlalu lintas, sehingga kita semua dapat menjadi pelopor keselamatan” tutupnya (Lrz)

Ditlantas Kenalkan ETLE Kepada Pengusaha Angkutan

0

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng sosialisasikan program Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang Elektronik kepada pengusaha angkutan barang dan Travel, yang dilaksanakan di Ruang Regional Traffic management Centre. Jumat (11/11/2022) siang.

Hal tersebut disampaikan pasca dikeluarkannya Surat Telegram Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, terkait dengan diterpakannya Sistem ETLE sebagai instrumen penegakan sudah dilaksanakan di seluruh Indonesia, termasuk Provinsi Kalimantan Tengah.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Kasubdit Gakkum AKBP. Andi Kirana, S.I.K,. M.H menerangkan Program ini adalah implementasi teknologi informasi untuk menangkap pelanggaran-pelanggaran dalam berlalu lintas secara elektronik, dan mendukung keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Penerapan sistem ETLE dalam penegakan hukum terhadap pelanggar lalu lintas ini merupakan perintah dari Kapolri langsung. Oleh karena itu hari ini kami berikan sosialisasi kepada pengusaha angkutan barang maupun Travel perjalanan Lintas Kabupaten/Provinsi yang ada di kalteng” ucap Andi

Yang mana pada saat ini, penegakan tilang dengan sistem ELTE masih dilakukan secara statis dan dinamis yang dipantau langsung oleh petugas Piket Regional Traffice Managemen Center (RTMC) setiap harinya.

“Terkait penindakan terhadap kendaraan angkutan yang bermuatan lebih menggunakan sistem tilang elektronik ini adalah sebagai bentuk dukungan Korlantas Polri untuk menciptakan budaya tertib lalu lintas dan menekan angka kecelakaan, serta ikut mensukseskan program Zero Over Dimension and Over Loading (ODOL) ,” jelasnya

Diharapkan dengan adanya dukungan dari Korlantas Polri penggunaan sistem tilang elektronik (ETLE) ini, maka pengawasan dan penindakan Pelanggaran akan lebih cepat, akurat bersih dan akuntabel. (Lrz)

Pastikan Pelayanan Optimal. Ditlantas Sidak Satpas SIM Satlantas Polres Katingan

0

Sebagai bentuk keseriusan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Ditlantas Polda Kalteng melakukan kegiatan inpeksi mendadak (SIDAK) di Satuan Penyelenggara Admistrasi SIM, Satlantas Polres Katingan. Selasa (8/11/2022) pagi.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Kasubdit Regident AKBP. Ampi Mesias Von Bulow, S.I.K., M.H mengatakan tujuan dilakukan pengecekan ini guna memastikan pelayanan publik Satpas SIM Polres Katingan baik dalam kepengurusan yang baru atapun perpanjangan.

Saat melakukan sidak, Kasubdit Regident didampingi Kasi SIM Ditlantas Kompol. Maasye Debby Joulla Kani. S.Sos dan Kasat Lantas Polres Katingan IPTU. Hariyanto, S.H.

“Kami ingin melihat kesiapsiagaan petugas dalam melayani masyarakat, jangan sampai karena ramai, petugas tidak ramah dalam melayani masyarakat,” ucap Ampi

Adapun dalam sidak ini Kasubditregident mengecek setiap ruangan yang ada di Kantor Satpas termasuk peralatan penunjang pelayanan dan pembuatan SIM di kantor tersebut. Selain itu juga memantau langsung masyarakat yang melaksanakan ujian teori SIM computer tentang aturan dan marka lalu lintas jalan maupun praktek.

Kasubdit Regident juga meminta kepada personel yang bertugas, agar melayani secara prosedural juga harus mengedepankan senyum, sapa, salam saat melayani masyarakat, dan menghindari praktek calo dalam urusan pembuatan SIM sebab hal tersebut hanya akan membuat penilaian negative dari publik terhadap kinerja Polri.

“Pelayanan harus dilakukan secara prima pada pemohon tanpa memandang asal-usul jabatan, hindari pungutan liar (pungli), serta tidak ada transaksional di luar ketentuan” jelasnya.

Lebih lanjut, kita sudah tanya juga dari salah satu pemohon SIM, beberapa kali setelah gagal ujian praktik, sudah latihan disini dan berhasil.

“Kami pastikan Pelayanan SIM kepolisian di Satpas Satlantas Polres Katingan dapat berlangsung dengan baik, prima dan cepat. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan Satpas tanpa pungutan liar. Jika ada Pungli warga bisa melapor ke call center yang sudah tersedia” tutup Ampi (Lrz)

Kenang Jasa Pahlawan Ditlantas Hentikan Arus Lalu Lintas

0

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2022. Ditlantas Polda Kalteng melakukan pemberhentian sejenak kepada pengguna jalan, pada Kamis (10/11/2022) pukul 08.15 WIB.

Untuk mengheningkan cipta.
Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K mengatakan hal ini lakukan untuk mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia.

“Seperti yang diketahui biasanya peringatan hari pahlawan difokuskan di perkantoran saja, namun saat ini kita coba libatkan pengendara di jalan raya” ucap Heru

Tidak hanya polisi atau ASN masyarakat juga kita ajak meluangkan waktunya satu menit untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Adapun dalam kegiatan ini masyarakat pengguna jalan secara spontan di hentikan sejenak oleh petugas Polantas saat melakukan pengaturan untuk bersama-sama mendoakan para pahlawan yang gugur di medan perang dalam memperjuangkan kemerdekaan dengan diiringi lagu mengheningkan cipta.

Dirlantas berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran, kepedulian kita kepada para pejuang-pejuang kemerdekaan atas apa yang telah di capai dalam memperjuangkan kemerdekaaan.

“Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat pengguna jalan yang telah mengikuti kegiatan hening sejenak, dalam rangka Hari Pahlawan 10 November di bebagai ruas jalan Kota Palangka Raya. Dan kami harap kedepannya semangat para pahlawan yang dulu mengorbankan jiwa raganya untuk kemerdekaan bangsa dapat menjadi teladan kita semua untuk bersama-sama membangun bangsa ini menjadi lebih baik ” pungkasnya (Lrz)

Ditlantas Sidak Pelayanan SIM di Polresta Palangka Raya

0

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng melakukan inpeksi mendadak ke kesatuan penyelenggara Admistrasi SIM (Satpas) Polresta Palangka Raya, Senin (7/11/2022) pagi.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Kasubdit Regident AKBP. Ampi Mesias Von Bulow, S.I.K., M.H menerangkan tujuan kegiatan ini dilakukan guna memastikan pelayanan dengan optimal dan sesuai petunjuk keselamatan UUD No.22 Tahun 2009 tentang LLAJ.

Pada saat kegiatan Kasubdit Regident di dampingi oleh Kasi SIM Kompol. Maasye Debby Joulla Kani. S.Sos untuk mengecek dan melihat langsung pelayanan yang diberikan oleh personel kepada pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Hari ini kami melaksanakan pengecekan di Satpas Satlantas Polresta Palangka Raya, mulai dari kesiapan fasilitas, seperti pengambilan nomor antrian pemohon sim, tempat mengisi formulir hingga kesiapan petugas pelayanan pendaftaran di loket yang sudah disediakan” ucap Ampi

Tidak hanya itu Kasubdit Regident juga meninjau langsung ruang pelaksanaan ujian teori dan uji praktik, untuk memastikan lengkap dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Kasubdit Regident mengatakan, sesuai ketentuan Satpas mestinya bisa mengakomodir beragam layanan kepada masyarakat, seperti adanya Buku Panduan mengemudi, Tempat bermain anak, fasilitas ramah Difabel (Cacat) berupa Kursi Roda.

“Tidak hanya fasilitas sarana dan prasarana saja, namun juga tindakan-tindakan dari petugas yang akan membantu dan mendampingi setiap masyarakat yang akan dilayani” tutunya

Lebih lanjut, untuk kedepan dalam pelayanannya Satpas Polresta Palangka Raya terus berkomitmen memberikan fasilitas dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Adapun hasil pengecekan pada pelaksanaan pelayanan satpas hari ini sudah sesuai prosedur, dan terkait dengan pembayaran yang dilaksanakan sesuai dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di loket bank BRI yang sudah tersedia cabang pembantunya di Satpas SIM Polresta Palangka Raya’ tutupnya (lrz)

Ditlantas Polda Kalteng layani Masyarakat dengan Rutin Lakukan Pengaturan Lalu Lintas

0

Untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas lalu lintas di wilayah Kota Palangka Raya, personel Ditlantas Polda Kalteng melaksanakan kegiatan penjagaan dan pengaturan lalu lintas di beberapa ruas jalan raya. Kamis (03/11/2022) pagi.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K menyampaikan bahwa Kegiatan pengaturan pagi sebagai kewajiban memberikan pelayanan kepada masyarakat dan merupakan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri yaitu dengan melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas demi terciptanya arus lalu lintas yang aman, tertib dan lancar.

“Selain kehadiran kami ditengah masyarakat di jalan raya, ini juga merupakan kesempatan berinteraksi dengan warga melalui pemberian pelayanan simpatik dan menerima kritik dan saran tentang pelaksanan tugas pengaturan lalu lintas di jalan, sehingga kehadiran Polri juga dapat dirasakan oleh masyarakat” ucap Heru

Adapun dalam kegiatan pengaturan lalu lintas pagi hari ini bertujuan agar terjaganya Kamseltibcarlantas dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) dikalangan masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan rutin pengaturan lalu lintas dan kehadiran kami di tengah masyarakat dapat memberikan rasa aman bagi pengendara dan pejalan kaki. Serta kami menghimbau kepada pengguna jalan untuk selalu tertib berlalu lintas, utamakan keselamatan dengan melengkapi kelayakan berkendara sesuai standar dan kepemilikan SIM” tutup Heru (lrz)

Dengarkan Curhat Masyarakat, Ditlantas Polda Kalteng Gelar Podcast

0

Ditlantas Polda Kalteng menggelar podcast untuk mendengarkan curhatan masyarakat secara langsung, yang dilaksanakan di halaman belakang Ditlantas Polda setempat, Selasa (01/11/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Kasubditkamsel AKBP Wara Budihastuti mengatakan, dengan adanya kegiatan ini pihaknya bisa mengetahui berbagai kisah, apresiasi, saran, dan masukan hingga aduan masyarakat terhadap Polri.

Ia menilai bahwa inovasi ini dapat menjadi acuan untuk bisa meningkatkan layanan kepolisian kepada masyarakat khususnya di bidang pelayanan Lalu Lintas.

“Seperti yang kita ketahui podcast ini merupakan siaran audio visual yang memiliki kedudukan yang cukup popular di seluruh dunia, untuk itu hal ini merupakan inovasi baru Ditlantas sebagai wadah berkomunikasi antara Polantas dengan seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kalimantan Tengah, ” ucap Wara

Adapun dalam kegiatan kali ini ada dua orang masyarakat yang berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah dasar yang ada di Palangka Raya, dimana mereka berpartisipasi sekaligus berkonsultasi mengenai seputaran pelayanan Polantas.

“Saya berharap program podcast ini nantinya dapat dijadikan sebagai metode komunikasi dengan tujuan sebagai ajang duduk merembuk bersama guna mencari solusi hambatan yang ada serta bisa menginspirasi maupun memotivasi kami dalam pelayanan lalu lintas yang lebih baik lagi kepada masyarakat” tutup Wara (Lrz/sam)

Kapolda Kalteng Berangkatkan Personel Lalu Lintas Untuk Mengamankan KTT G20 di Bali

0

Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah gelar Apel Keberangkatan personel Bawah Kendali Operasi (BKO), Pengamanan, Pengaturan dan Pemblokiran, (ROLAKIR) Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Provinsi Bali Tahun 2022, yang betempat di Lapangan Barigas Polda Kalteng, Senin (31/10/2021) pagi.

Adapun Apel pemberangkatan Personel pengamanan G20 ini dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M.Si.

Kapolda Kalteng Irjen Pol. Drs. Nanang Avianto, M,Si melalui Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutpo, S.I.K  menyatakan pengamanan KTT G20 ini merupakan pertemuan puncak yang dihadiri oleh seluruh kepala pemerintahan/Negara, anggota forum multilaterial yang terdiri dari 19 Negara utama dan satu Uni Eropa (Eu).

Yang mana pada pelaksanaan G20 nantinya akan mempresentasikan lebih dari 60 persen polulasi bumi, 75 persen perdagangan global, 80 persen PBD serta dunia. Dan  tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah dalam event Internasional tersebut.

“Oleh karena itu, untuk menujang keamanan kegiatan Internasional ini, seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menyiapkan pengamanan dengan ketat termasuk Ditlantas Polda kalteng dengan mengirimkan 50 personel untuk membantu pengamanan tersebut” ucap Heru

Dirlantas juga memberikan penekanan agar seluruh personel yang melaksanakan BKO ini nantinya dapat melaksanakan tugas pengaman lalu lintas dengan penuh tanggung jawab.

“Saya tekankan kepada seluruh personel yang terlibat hindari tindakan yang kontra produktif dan sikap arogan, serta untuk para perwira agar melaksanakan pengawasan dan pengendalian personel dilapangan secara ketat dan berikan tindakan tegas apabila ada anggota yang melanggar dan dapat menurunkan citra polri pada pelaksanaan pengamanan nantinya” pungkasnya

Kegiatan pengamanan G20 ini akan dilaksanakan selama 12 hari terhitung mulai tanggal 7-19 November 2022. Dirlantas berharap anggota yang dikirim dalam pengamanan nantinya dapat menjalanakan tugas  dengan baik, dan selamat hingga kembali tugas ke Kalimantan Tengah.