Wed, 25 May 2022

Dirlantas Polda Kalteng Survey Jalan Rusak di Lokasi Pembangunan Jembatan Bukit Rawi

0

Ditlantas Polda Kalteng melakukan pengecekan arus lalu lintas dan kondisi jalan rusak di seoutaran pembangunan jembatan Bukit Rawi tepatnya di Desa Penda Barania, Kec. Kahayan Tengah, Kab. Pulang Pisau, Selasa (24/5/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya bagi masyarakat yang hendak melalui ataupun melintas di wilayah hukum Polda Kalteng.

“Survei jalan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi riil di lapangan, sehingga dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan jalan rusak,” ucap Heru

Pihaknya juga melakukan koordinasi dengan dinas terkait mengenai jalan rusak atau berlubang dengan harapan jalan rusak itu segera dibenahi.

‘Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati saat melintasi jalan yang rusak atau berlubang, terutama pada malam hari dan saat turun hujan,” tutupnya (Lrz/sam).

Peduli Warga Kurang Mampu, Dirlantas Polda Kalteng Bagikan Bansos di Pahandut Seberang

0

Ditlantas Polda Kalteng melakukan kegiatan pembagian bantuan sosial (Bansos) kepada warga Pahandut seberang Kota Palangka Raya, Rabu (24/5/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K mengatakan, pembagian bantuan sosial ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat, khususnya masyarakat yang kurang mampu.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada masyarakat yang membutuhkan, dengan memberikan bantuan sosial berupa paket sembako. Setidaknya bantuan ini bisa meringankan kebutuhan pangan mereka,” ucap Heru

Kegiatan ini dilakukan langsung oleh Dirlantas dengan cara menyambangi langsung masyarakat yang dianggap layak atau mendapatkan informasi dari masyarakat tentang warga kurang mampu.

“Harapan kami bantuan sosial ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Kami juga menyampaikan pesan-pesan keselamatan lalu lintas, penerapan protokol kesehatan dan tidak lupa mengikuti vaksin sesuai dengan anjuran pemerintah,” tutupnya (Lrz/sam).

Peduli Kesehatan Masyarakat, PJR Polda Kalteng Bagikan Masker Ke Pengguna Jalan

0

Ditlantas Polda Kalteng membagikan puluhan masker kepada pengguna jalan yang melintas di depan Pos Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Kapuas, Senin (23/5/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Kasat PJR AKBP. Suwarno, M.Si. mengatakan, kegiatan ini dilakukan agar masyarakat pengguna jalan terbiasa memakai masker sehingga dapat mencegah penyebaran Covid-19.

“Ini sebagai upaya kami untuk terus menyampaikan imbauan dan mengingatkan kepada masyarakat agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19, karena masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker,” ucap Suwarno

Selain membagikan masker, pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat pengguna jalan agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan melengkapi surat surat kendaraan pada saat berkendara.

“Kami harapkan dengan adanya kegiatan ini dapat terciptanya Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) dan adanya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) salah satu caranya dengan selalu memakai masker,” tutupnya (lrz/sam).

Razia Ranmor, Ditlantas Polda Kalteng Tindak 31 Pelanggar

0

Ditlantas Polda Kalteng melakukan kegiatan penindakan pelanggaran pengguna jalan di Jl. W. Sudirohusodo tepatnya di depan Gerbang Lapangan Sanaman Mantikei, Kota Palangka Raya, Kamis (19/5/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo. S.I.K melalui Kasubditgakkum AKBP Andi Kirana, S.I.K., M.H mengatakan, kegiatan ini kami lakukan untuk Menciptakan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban Dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda Kalteng.

“Penertiban kali ini sebagai upaya menekan pelanggaran yang berpotensi menimbulkan laka lantas, seperti tidak menggunakan helm dan kecepatan melebihi batas, ” Jelasnya.

Disamping itu, pihaknya juga memeriksa kelengkapan surat kelengkapan admistrasi berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan(STNK).

“Adapun tindakan yang kami lakukan berupa Tilang. Upaya tersebut dilakukan agar warga masyarakat khususnya pengguna jalan taat akan aturan lalu lintas,” ucap Andi.

Dalam kegiatan tersebut, Polantas menindak sebanyak 31 pelanggar dengan menyita barang bukti seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan kendaraan sepeda motor.

“Kami akan rutin melakukan patroli maupun penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas agar dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, kami juga akan melakukan penindakan apabila menemukan pelanggaran kasat mata, yang berpotensi menimbulkan kecelakaan terutama yang melawan arah” tutupnya (lrzlrz/sam).

Cegah Kecelakaan, PJR Ditlantas Polda Kalteng Survei Jalan Rusak

0

Mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, Ditlantas Polda Kalteng melakukan kegiatan pengecekan kondisi jalan Kota Palangka Raya sampai Desa Penda Barania Kec. Kahayan Tengah Kab. Pulang Pisau, Rabu (18/5/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Kasat PJR AKBP Suwarno, M.Si mengatakan, pengecekan jalan ini dilakukan untuk menekan angka kecelakaaan lalu lintas di lokasi genangan air Desa Penda Banaria sehingga diharapkan dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

“Sampai dengan saat ini Situasi arus lalu lintas masih berjalan normal tidak ada kemacetan yang terjadi di lokasi genangan air tersebut, dan masih bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun empat,” ucap Suwarno

Adapun penyebab terjadinya genangan air karena hujan lebat beberapa hari lalu yang menyebabkan beberapa ruas jalan tergenang air, untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan dan pendataan jalan yang mengalami kerusakan.

“Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan mengurangi kecepatan terlebih ketika melintas jalan yang rusak dan tergenang air, ” tutupnya (lrz/sam)

Ditlantas Polda Kalteng Berikan Pelayanan Penerbitan BPKB

0

Ditlantas Polda Kalteng berikan Pelayanan Kepengurusan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di Gedung Pelayanan Ditlantas Polda Kalteng, Rabu (18/5/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K meluli Kasubditregident AKBP. Ampi Mesias Von Bulow, S.I.K., M.H mengatakan hal ini merupakan salah satu bentuk tugas dan pelayanan kami kepada masyarakat.

“Dimana kegiatan rutin ini dilaksanakan oleh Pelayanan Regident dalam meningkatkan pelayanan publik masyarakat yang bersih dan humanis. Pelaksanaan pelayanan ini mengutamakan pelayanan yang optimal kepada masyarakat/pemohon untuk mengurus surat-surat atau administrasi kendaraan baik roda 2 maupun roda 4, sesuai kinerja dan moto pelayanan Ditlantas yang menjunjung tinggi komitmen pelayanan terbaik yang mana ini sesuai visi kami meraih Zona Integritas menuju WBBM,” ucap Ampi

Adapun jam oprasional untuk Layanan BPKB, dari Senin hingga Jumat pukul 08.00-14.00 WIB. tutupnya (lrz)

Ditlantas Polda Kalteng Amankan Jalur Karnaval Festival Budaya Isen Mulang 2022

0

Ditlantas Polda Kalteng melaksanakan kegiatan Pengaturan dan Pengawalan Lalu Lintas Jalur Pawai Karnaval Festival Budaya Isen Mulang 2022 di Kota Palangka Raya, Selasa (17/5/2022) sore.

Ditlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutupo, S.I.K melalui Kasubditgakkum. AKBP Andi Kirana, S.I.K,. M.H mengatakan bahwa kegiatan pengaturan dan pengawalan jalur yang dilakukan oleh personel, tidak lain untuk memberikan keamanan dan kelancaran baik kepada peserta ataupun pengguna jalan di lokasi kegiatan.

“Kegiatan ini kami lakukukan untuk mengamankan jalur yang dilalui oleh peserta Karnaval, baik di persimpangan maupun penggal jalan juga mengatur arus lalu lintas kendaraan yang lewat untuk menjamin Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) yang aman dan Kondusif,” ucap Andi

Adapun route Pawai tersebut Start di depan Istana Isen Mulang mengikuti arah putaran Bundaran Besar menuju Jl. Yos Sudarso, lalu belok kiri menuju Jl. MH Thamrin dan berakhir(Finish) di Halaman Kantor LPP-RRI Palangka Raya.

Kami menghimbau kepada masyarakat yang ikut memeriahkan untuk mengikuti route yang sudah ditentukan karena di masing-masing titik jalan yang ramai sudah ada petugas dari Kepolisian yang akan memberikan pengaturan lalu lintas.” tutupnya (lrz/sam

Beri Rasa Aman, Ditlantas Polda Kalteng Kawal Pemakaman Warga

0

Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima, untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalteng melaksanakan pengawalan pemakaman warga dari Jl. Veteran menuju tempat pemakaman umum (TPU) Jl. Kranggan, Kota Palangka Raya. Sabtu (14/05/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K. melalui Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) AKBP. Suwarno, M.Si. menjelaskan, kegiatan pengawalan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik Polri kepada masyarakat, supaya proses iring- iringan pemakaman berjalan dengan lancar dan aman.

“Kegiatan ini juga sebagai bukti nyata kehadiran Polri di tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan guna menjamin kondusifitas kamseltibcarlantas dari rumah duka sampai ke pemakaman,” ucapnya.

Selain melaksanakan tugas pokok Polantas yaitu patroli untuk jaga kamtibmas dan kamseltibcar lantas, pihaknya juga selalu siap melaksanakan pengawalan pemakaman apabila di butuhkan oleh warga. (Lrz/sam)

Ditlantas Berikan Pelayanan Penerbitan TNKB Kendaraan Baru

0

Ditlantas Polda Kalteng berikan Pelayanan Tanda Nomor Kendaraan Baru (TNKB) di Kantor Pelayanan Samsat Kota Palangka Raya, Kamis (12/5/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Kasubditregident. AKBP. Ampi Mesias Von Bulow, S.I.K,. M.H mengakatan hal ini merupakan salah satu bentuk tugas dan pelayanan kami terhadap masyarakat wajib pajak.

Sebagai petugas yang mengemban tugas fungsi pelayanan publik kami selalu mengedepankan senyum , sapa , salam untuk memberikan pelayanan yang humanis kepada masyarakat wajib pajak.

“Dengan adanya pelayanan TNKB ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan meminimalisir adanya protes atau komplain dari masyarakat serta memberantas terjadinya pemalsuan identitas kendaraaan, khususnya dalam mengidentifikasi ranmor,” ucap Ampi

Dalam memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat kami selaku petugas unit Regident Ranmor pada Loket TNKB selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat wajib pajak baik yang penerbitan baru, perpanjangan 5 tahun maupun Ganti Pemilik. tutupnya (lrz)

Evaluasi Operasi Ketupat Telabang 2022, Dirlantas: Operasi Berjalan Aman dan Lancar

0

Ditlantas Polda Kalteng resmi mengakhiri Operasi Ketupat Telabang 2022. Kebijakan ini diambil karena kondisi lalu lintas saat arus balik Lebaran sudah mulai lancar, Palangka Raya, Rabu (11/5/2022) pagi.

Dirlantas Polda Kalteng. Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K mengatakan, hal ini dilakukan untuk menutup kegiatan Operasi Ketupat Telabang 2022 selama 12 hari yang sudah dilaksanakan sejak 28 April – 9 Mei 2022 lalu.

“Berdasarkan data Ditlantas, bahwa angka kecelakaan pada Operasi Ketupat Telabang 2022 jika dibandingkan dengan tahun 2021, mengalami kenaikan sebanyak 72 persen. Tahun 2021 ada 18 pelanggaran dan Tahun 2022 ada 32 kejadian kecelakaan lalu lintas,” ucap Heru.

Kemudian pelanggaran lalu lintas tuhun ini juga mengalami kenaikan sebanyak 3.153 kali pelanggar dan untuk tahun 2021 hanya ada 2.695 kali pelanggaran. Hal itu disebabkan masih banyak pengguna jalan yang tidak mentaati ketentuan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan yang mengakibatkan vatalitas korban seperti muatan berlebih, tidak menggunakan helm dan melanggar rambu lalu lintas.

“Saya memastikan seluruh kegiatan Operasi Ketupat Telabang 2022 berjalan dengan baik, walaupun mengalami kenaikan angka kecelakaan dan pelanggaran dikarenakan tahun ini sesuai kebijakan pemerintah diperbolehkan mudik, tentunya volume kendaraan yang meningkat drastis akan mempengaruhi. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh personel yang bertugas selama operasi ini berlangsung aman lancar sampai akhir pelaksanaanya. Untuk seluruh jajaran akan kita lakukan evaluasi,” tutupnya (lrz/sam)