Fri, 30 Sep 2022

Ditlantas Polda Kalteng Gelar LATPRAOPS Jelang Operasi Zebra Telabang 2022

0

Dalam rangka menghadapi Operasi Zebra Telabang 2022. Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng Gelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Yang digelar di Aula Ditlantas Polda Kalteng, Jumat (30/9/2022) pagi.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Dirlantas Polda Kalteng di dampingi Pejabat Utama (PJU) dan seluruh personel yang terlibat dalam Sprin (Surat Perintah).

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K mengatakatan tujuan digelarnya Latpraops ini untuk memberikan gambaran serta pemahaman kepada personel yang bertugas, juga merupakan upaya antisipasi terkait apa saja yang perlu dipersipkan dan kendala dalam melaksanakan operasi nantinya.

“Latpraops ini merupakan langkah awal persiapan dalam melaksakan Operasi Zebra Telabang 2022 dengan mengedepankan fungsi lalu lintas. Sehingga sasaran yang akan dicapai nantinya menurunnya angka kecelakaan, dan terwujudnya masyarakat yang tertib dalam berlalu lintas,” ucap Heru

Lebih lanjut Dirlantas menuturkan, untuk itu saya minta kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi ini nantinya dapat mengedepankan sikap humanis dan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur), juga mengedepankan upaya preemtif dan preventif, juga di dukung secara elektronik atau teguran simpatik kepada masyarakat.

Kegiatan selanjutnya dilanjutkan dengan paparan sebagai materi latihan dari Dirlantas terkait dengan kesiapan operasi, sasaran, cara bertindak, dan waktu serta ploting pada pelaksanaan operasi.

“Adapun operasi ini akan dilaksanakan terpusat, terhitung mulai 3-16 Oktober 2022. Dengan tujuh sasaran prioritas pelanggaran, berkendara menggunakan ponsel , berkendara di bawah umur, sepeda motor berbonceng lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm SNI, berkendara dalam keadaan mabuk,, melawan arus, mengemudi kendaraan roda empat tidak menggunakan safety belt” jelas Heru

Diharapkan peran serta masyarakat dapat mendukung kegiatan Operasi Zebra Telabang 2022 ini dengan cara selalu tertib dalam berlalu lintas, dan melengkapi admistrasi kendaraan ketika hendak bepergian seperti SIM dan STNK. (Lrz)

Brantas ODOL, Ditlantas Polda Kalteng Gelar Razia Secara Hunting System

0

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng bersama personel Satlantas Polres Kapuas, menindak pengguna jalan yang melanggar peraturan lalu lintas di Jembatan timbang Kab. Kapuas, Rabu (28/9/2022) pagi.

Adapun Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasubdit Gakkum AKBP. Andi Kirana, S.I.K., M.H. dan Kasatlantas Polres Kapuas AKP Sugeng.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo. S.I.K melalui Kasubditgakkum AKBP Andi Kirana, S.I.K., M.H mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menciptakan dan menjamin keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Penindakan stasioner dan hunting system selektif kali ini diprioritaskan di wilayah hukum Polres Kapuas dengan sasaran pelanggaran muatan berlebih, dan pelanggar tujuh sasaran prioritas yang keluar masuk jembatan timbang pada hari ini,” ucap Andi

Disamping itu, pihaknya juga memeriksa surat kelengkapan admistrasi berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan(STNK).

“Adapun tindakan yang kami berikan berupa Tilang. Upaya tersebut dilakukan agar masyarakat pengguna jalan taat akan aturan dan tertib dalam berlalu lintas, selain itu kegiatan ini juga dilakukan demi mengatisipasi Over Dimension Over Load (ODOL) yang kerap terjadi dan menimbulakan permasalahan seperti kecelakaan lalu lintas” pungkasnya

Dalam kegiatan tersebut, Polantas menindak sebanyak 45 pelanggar. Ada 25 lembar tilang dan 20 lembar teguran, dengan menyita barang bukti seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan satu buah kendaraan bermotor (Ranmor) roda enam.

“Kami akan rutin melakukan patroli maupun penegakan hukum bagi pelanggar lalu lintas agar dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, kami juga akan melakukan penindakan apabila menemukan pelanggaran kasat mata, yang berpotensi menimbulkan kecelakaan,” tutupnya (Lrz).

Cycling For Blue Sky. Ditlantas Polda Kalteng Gelar Olahraga Bersama

0

Dalam rangka memperingati Hari Lalu Lintas Bhayangkara Ke-67. Direktorat Lintas Polda Kalteng menggelar kegiatan olahraga bersama masyarakat yang dilaksanakan di Halaman TVRI Kalteng, Jl. Yos Sudarso, Kota Palangka Raya, Sabtu (24/9/2022) pagi.

Kegiatan ini dihadiri Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, S.A.P.,M.A dan sejumlah pejabat utama Polda,
juga turut hadir instansi yang tergabung dalam forum lalu lintas Angkutan jalan serta komunitas sepeda Palangka Raya.

Wakapolda Kalteng melalui Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K menyampaiakan olahraga bersepeda kali ini mengangkat tema “Cycling For Blue Sky” Polantas yang Prsesisi, Pulih dan Bangkit Bersama Menuju Indonesia Maju.

“Tema tersebut merupakan wujud nyata Komitmen Polantas untuk mengajak masyarakat hidup sehat dan mewujudkan masyarakat
Tertib berlalu lintas sehingga terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dalam berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) serta dalam pemulihan ekonomi nasional” ungkap Heru

Adapun perserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 1000 perserta, yang juga diikuti oleh beberapa komunitas dan instansi. Juga dalam kegiatan ini diwarnai dengan pembagian doorprize kepada para peserta melalui kupon undian, serta berbagai penampilan lainnya.

Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan kedepannya masyarakat bisa lebih dekat lagi dengan Polri khususnya Polantas, serta lebih meningkatkan kualitas keselamatan dalam berlalu lintas dan menurunnya tingkat fatalitas
korban kecelakaan. Juga melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat dapat menumbuhkan gaya hidup sehat dengan selalu melakukan kegiatan kegiatan positif Bersama. (Lrz)

Syukuran HUT Lalu Lintas Bhayangkara Ke-67, Kapolda Kalteng Beri Penghargaan Personel Lantas dan 3 Relawan

0

Palangka Raya – Polda Kalteng – Dalam rangka memperingati hari jadi ke-67 Lalu Lintas Bhayangkara, Polda Kalteng menggelar acara syukuran potong tumpeng bertempat di Aula Arya Dharma, Mapolda setempat, Kamis (22/9/2022) pagi.

Kegiatan tersebut, dihadiri langsung Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si. didampingi Karoops Kombes Pol Andreas Wayan Wicaksana, S.I.K. dan para pejabat utama Polda serta dihadiri instansi terkait sebagai undangan.

Kapolda Kalteng melalui Kabidhumas Kombes Pol K. Eko Saputro, S.H., M.H. menyampaikan, tema yang diambil dalam peringatan HUT Lalu Lintas Bhayangkara tahun ini adalah “Polantas yang Presisi Pulih dan Bangkit Bersama Menuju Indonesia Maju”.

“Rangkaian acara syukuran diisi dengan pemotongan nasi tumpeng dan kue oleh Karoops didampingi Dirlantas Polda Kalteng. Kemudian diberikan kepada personel Polantas termuda,” ungkap Kabidhumas.

Eko menambahkan, dalam acara syukuran tersebut Kapolda Kalteng juga memberikan penghargaan secara simbolis kepada personel Satlantas Polresta Palangka Raya, yaitu Aipda Ade Hermanto, S.Sos. yang berprestasi atas dedikasi tinggi terhadap Institusi Polri dalam membina masyarakat dengan baik.

Selanjutnya, penghargaan juga diberikan Kapolda Kalteng kepada ketiga relawan lokal, diantaranya Heriyanto dari Kab. Kotawaringin Timur, Gatot dari Kab. Kotawaringin Barat dan Safrudin dari Kab. Barito Timur.

Selain itu, tambah Eko. Pemberian penghargaan dan hadiah lomba presenter serta stand up comedy juga turut diberikan dalam acara HUT lalu lintas kali ini.

“Semoga penghargaan ini, dapat menjadi motivasi bagi seluruh personel untuk dapat berprestasi kedepannya,” pungkas Eko.

Sebagai informasi, setelah acara syukuran dilanjutkan dengan kegiatan virtual dengan Mabes Polri yang dipimpin Kapolri dalam rangka peringatan hari lalu lintas Bhayangkara ke-67. (adji/sam)

Ditlantas Polda Kalteng Kembali Bagikan 750 Paket Bantuan Sosial Kepada Masyarakat Yang Membutuhkan

0

Masih dalam rangakaian perayaan Hari Jadi Lalu Lintas Bhayangkara Ke-67. Ditlantas Polda Kalteng rutin melaksanakan kegiatan bhakti sosisal dengan bagikan bantuan sosial kepada masyarakat di Seputaran Kota Palangka Raya, Senin (19/9/2022) siang.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Kasubditregident AKBP Ampi Mesias Von Bulow, S.I.K menjelaskan hari ini 750 bantuan sosial telah disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Memasuki puncak perayaan HUT Lalu Lintas Ke-67, kami terus melaksanakan kegiatan bhakti sosial, salah satunya dengan membagikan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan, dan hari ini telah kami berikan sebanyak 750 bantuan sosial kepada pengumpul barang bekas, penjaja keliling,  dan tukang parkir” ucap Ampi

Adapun kegiatan dilaksanakan di beberapa titik mulai dari kawasan Jl. Tjilik Riwut, Jl. Yos Sudarso, Jl. Ahmad Yani hingga Jl. Seth Adji.

Bantuan sosial tersebut diserahkan langsung oleh Personel Ditlantas yang telah ditugaskan pada hari ini, hal ini juga sebagai bentuk kepedulian Ditlantas kepada masyrakat di tengah penyesuaian kenaikan BBM yang sejak awal September lalu diberitahukan Pemerintah.

“Kami berharap semoga apa yang kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, selain itu tidak lupa juga kami menyampaikan pesan-pesan keselamatan lalu lintas, dan selalu jadikan keselamatan sebagai kebutuhan bersama” tutupnya. (Lrz)

Meriahkan Hari Jadi Lalu Lintas Ke 67. Ditlantas Polda Kalteng Gelar Traffic Social and Art Policing Di Car Free Day

0

Dalam rangka merayakan Hari Jadi Lalu Lintas Bhayangkara ke-67, Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng, menyelenggarakan kegiatan Traffic Social and Art Policing yang dilaksanakan di area Car Free Day, Jl. Yos Sudarso, Kota Palangka Raya, Minggu (18/9/2022) pagi.

Adapun kegiatan tersebut dihadiri Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Purnamasasi, S.A.P., M.A.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Wadir Lantas Polda Kalteng AKBP. I Putu Dedy Ujiana, S.I.K., M.T mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan Hari Jadi Lalu Lintas Bhayangkara ke-67 tahun 2022 dengan mengusung tema “Polantas Yang Presisi Pulih Bangkit Menuju Indonesia Maju.

“Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan disiplin berlalu lintas yang secara langsung atau tidak langsung akan mengurangi tingkat pelanggaran lalu lintas,” ucap Dedy

Lebih lanjut Wadirlantas menuturkan, bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan Ini adalah selain untuk membangun budaya tertib dan menumbuhkan jiwa keteraturan, juga sebagai wadah bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani serta sebagai pendekatan Pemolisian melalui Seni Budaya dan kearifan Lokal.

“Melalui kegiatan Art Policing di Lokasi Car Free Day ini merupakan suatu bentuk upaya Pemolisian Preemtif dan Preventif, kita berharap agar nantinya kita semua dapat menjadi agen Pelopor keselamatan berlalu lintas, untuk menekan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas,” ujarnya

Dalam kegiatan tersebut selain sosialisasikan keselamatan berlalu lintas, juga banyak hiburan bagi masyarakat yang hadir di car free day mulai dari pukul 06.00-09.00 WIB.

Hiburan tersebut yaitu. Olahraga bersama, Penampilan Polisi Cilik, menggambar, Safety Riding, Free Style, serta adanya Fashion Week Yang diikuti oleh anggota Polri dan masyarakat Palangka Raya.

“Selain memberikan hiburan kepada masyarakat, kami juga membuka gerai pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), SAMSAT keliling, serta bazar murah dan adanya voucer belanja bagi masyarakat yang beruntung” jelas Dedy

Kami berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan kedepannya masyarakat bisa lebih dekat lagi dengan Polri khususnya Polantas, serta lebih meningkatkan kualitas keselamatan dalam berlalu lintas dan menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan, agar terciptanya kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif di Wilayah Hukum Polda Kalteng. (Lrz)

Ditlantas Polda Kalteng Terus Bagikan Bantuan Sosial Kepada Warga Yang Terdampak Kenaikan BBM

0

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalteng melakukan bhakti sosial dengan membagikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak dari kenaikan bahan bakar minyak BBM, Palangka Raya Kamis (15/9/2022) siang.

Direktur Lalu Lintas Polda Kalteng Kombes Pol. Heru Sutopo, S.I.K melalui Kasubditregident AKBP. Ampi Mesias Von Bulow, S.I.K,. M.H. mengatakan kegiatan merupakan wujud empati Ditlantas dan kegiatan ini akan terus dilakukan untuk mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu dampak kenaikan harga BBM.

“Siang ini kami membagikan bantuan sosial berupa makanan siap saji sebanyak 750 paket, dimana hal ini terus kami lakukan guna mengurangi beban warga yang terdampak dari kenaikan bbm pada saat ini,” ucap Ampi

Bantuan ini kami bagikan dengan cara hunting system kepada masyarakat yang kesehariannya bekerja mencari nafkah di jalan diantaranya, tukang becak, pengumpul barang bekas, Penjaja Keliling, pedagang asongan dan lainnya.

Sementara salah satu penerima manfaat mengucapkan terimakasih kepada Ditlantas Polda Kalteng atas bantuan yang telah diberikan.

“Kami merasa sangat terbantu dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Ditlantas Polda Kalteng atas bantuan yang telah diberikan apalagi ditengah-tengah situasi kenaikan harga bahan bakar minyak ini,” pungkasnya

“Saya berharap dengan kegiatan bhakti sosial ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak, kami juga menghimbau dan ingatkan kepada masyarakat untuk selalu disiplin dalam berlalu lintas agar budaya tertib berlalu lintas dapat terbentuk dan angka kecelakaan menurun sehingga terciptanya Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif,” (Lrz)